NPS, Paradigma Terbaru Administrasi Publik di Buton

0
24
Seminar New Publik Service
Seminar penelitian strategi pengembangan inovasi pelayanan publik di Kabupaten Buton diselenggarakan di Aula Kantor Bupati Buton, Pasarwajo, Rabu (6/7/2022). (Foto: Istimewa)

DILANSIR – Asisten I Sekda Kabupaten Buton, Alimani mewakili Bupati Buton membuka dengan resmi seminar penelitian strategi pengembangan inovasi pelayanan publik di Kabupaten Buton diselenggarakan di Aula Kantor Bupati Buton, Pasarwajo, Rabu (6/7/2022).

Turut hadir dalam acara seminar Asisten I Sekda Kabupaten Buton, Pejabat Esolon II Lingkup Pemkab Buton, Camat, Kepala Puskesmas, Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Buton.

Dalam sambutan Bupati Buton dibacakan Asisten I Sekda Buton, Alimani menyampaikan, New Publik Service (NPS) merupakan paradigma terbaru dari administrasi publik, meletakan pelayanan publik sebagai kegiatan utama para administrator negara atau daerah.

“Dengan adanya pelayanan Publik yang dilakukan pemreintahan dapat memperjuat demokrasi dan Hak Asasi Manusia, dapat mempromosikan kemakmuran ekonomi, kohesi sosial, mengurangi kemiskinan, meningkatkan perlindungan lingkungan, dan dapat memperdalam kepercayaan pada pemerintahan dan administrasi publik,” katanya.

Asisten juga mengatakan seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa kasus maladministarasi dalam pelayanan publik yang sering terjadi itu dapat menimbulkan keluhan-keluhan masyarakat.

“Keluhan masyarakat dalam pelayanan publik yang sering kita dengar yakni tingginya harga sembako, terbatasnya lapangan pekerjaan, biasa kesehatan mahal, tingginya angka kemiskinan, kualitas pendidikan yang buruk dan lain-lain,” kata Mantan Kadispora Buton itu.

Dikatakannya salah satu upaya untuk mendorong perbaikan kualitas pelayanan adalah dengan melaksanakan reformasi pelayanan salah satunya dengan inovasi pelayanan publik.

Menurut Asisten 1 inovasi pelayanan publik di Sulawesi Tenggara cenderung lemah dan perlu strategi dalam upaya perkembangannya. Oleh karena itu, kegiatan yang berkaitan dengan kajian pengembangan inovasi pelayanan publik di Sulawesi Tenggara khususnya di Kabupaten Buton perlu untuk segera di lakukan. (Rls)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini