Hari Raya Idul Adha, Gubernur Ali Mazi Kurban 61 Ekor Sapi

0
38
Gubernur Sultra, Ali Mazi. (FOTO: Biro Adpim/Jubir Gub Sultra/Franspatadungan)

DILANSIR – Dalam momentum Hari Raya Idul Adha 1444 H/2023 M ini, Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi memberikan sapi kurban untuk dibagikan kepada masyarakat.

Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi memberikan sebanyak 10 ekor sapi kurban untuk disembelih di Masjid Raya Al-Kautsar Kendari, Kamis (29/6/2023).

Dengan demikian sapi qurban Gubernur Ali Mazi untuk Sulaweai Tenggara total berjumlah 61 ekor. Namun untuk Masjid Raya Al-Kautsar dijatahkan 10 ekor sapi. Selain kurban dari gubernur, beberapa pejabat Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara juga menyerahkan kurban sapi di Masjid Raya Al-Kautsar.

Kurban sapi ada dari Sekretaris Daerah Sultra, Asrun Lio, Keluarga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra, Yusmin, dan Direktur Utama Bank Pembangunan Daerah Sultra, Abdul Latif. Ada juga dari perusahaan tambang seperti Virtue Dragon Nickel Industry.

Ada pula sapi kurban patungan dari para jemaah Masjid Raya Al-Kautsar. Sehingga total sapi kurban tahun ini di Masjid Raya Al-Kautsar sebanyak 29 ekor sapi. Selain sapi, juga ada qurban kambing sebanyak lima ekor, dua diantaranya kambing dari BSI dan tiga lainnya dari jemaah. Tentu saja hewan kurban ini telah dipastikan kesehatan dan keamanannya, sehingga layak dikonsumsi.

Sapi yang didatangkan ini telinganya sudah ada eartag dari Dinas Peternakan, sudah lulus sensor semua. Khusus sapi kurban dari Gubernur Ali Mazi, sudah diperuntukkan bagi pesantren dan panti asuhan. Ada yang ke panti asuhan di Lambuya dan Lambandia, ada juga yang ke Soropia Lalonggasumeeto.

Sedangkan sapi kurban lainnya akan dibagikan ke masyarakat sekitar Masjid Raya Al-Kautsar dan dikembalikan ke para kelompok yang berqurban agar dapat membagikannya di wilayah masing-masing tanpa kupon. Tergantung dari SDM masing-masing, kalau mampu bisa sampai malam baru selesai. Pendistribusiannya diserahkan kepada yang berkurban, karena dibebaskan.

Harapannya, kedepannya semakin tumbuh kesadaran masyarakat untuk melaksanakan ibadah kurban ini. Tahun 2023 luar biasa kenaikannya, tahun 2022 sekitar 22 ekor sapi, sekarang sampai 29 ekor sapi. (sgj10)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini