Desain Produk Ekraf, 10 Penjahit Sultra Ikut Pelatihan di Yogyakarta

0
64
Dinas Pariwisata Sultra melakukan kegiatan pelatihan desain produk ekonomi kreatif (ekraf) di Sanggar Berani Usaha (SBU) Yogyakarta. Giat tersebut dilakukan selama enam hari mulai 10-16 Juli 2023. Pelatihan tersebut diikuti 10 orang penjahit asal Sultra. (Foto: Istimewa)

DILANSIR – Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan pelatihan desain produk ekonomi kreatif (ekraf) di Sanggar Berani Usaha (SBU) Yogyakarta.

Kegiatan yang diselenggarakan selama enam hari mulai 10 – 15 Juni itu diikuti 10 orang penjahit yang berasal dari kabupaten/kota di Sultra yang bergerak di sub sektor kriya dan memiliki dasar bisa menjahit.

“Kegiatan hari pertama hari minggu 11 Juni 2023 itu membuat tas dengan bahan dasar tenun. Mulai dari pengenalan bahan, membuat pola, menghitung pola dan merakit pola,” rilis Kabid Ekraf Dispar Sultra, Syamsinar diterima media ini, Jumat (23/6/2023).

SBU dipilih sebagai lembaga pelatihan keterampilan kewirausahaan yang mengajarkan kepada para pelaku usaha untuk berani membuka usahanya sendiri. Mentor yang ada di tempat pelatihan tersebut adalah Lulusan Akademi Teknik Kulit.

Untuk di ketahui Akademi Teknik Kulit di Indonesia hanya terdapat di Yogyakarta. Selain itu para peserta pelatihan diajarkan mulai dari dasar sampai menjadi sebuah produk yang jadi (membuat pola, menghitung pola, merakit pola dan menjahit). Dan keunggulan lainnya yakni, tempat pelatihan ini bisa mengajar dalam waktu singkat (padat materi).

Editor: Kasim

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini