Bupati Buton Paparkan Perlindungan Laut pada Talkshow Bappenas dan RARE

0
31
Bupati Buton di Talkshow Bapennas dan Rare
Bupati Buton La Bakry menghadiri acara talkshow dialog kemitraan agenda dan target nasional Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) 14 wali kota - bupati pesisir ekosistem kelautan di Grand Hyatt, Jakarta, Kamis (4/8/2022). (Foto: Dinas Komunikasi dan Persandian Kabupaten Buton)

DILANSIR – Bupati Buton, Drs. La Bakry. M.Si. menghadiri acara talkshow dialog kemitraan agenda dan target nasional Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) 14 wali kota – bupati pesisir ekosistem kelautan di Grand Hyatt, Jakarta, Kamis (4/8/2022).

Dalam acara Talkshow, Bupati Buton menjelaskan perlindungan wilayah laut di wilayahnya sudah lama dilakukan seperti di Desa Wabula dan sekitarnya yang dikenal dengan sebutan ‘Ombo’. Dimana hal ini dimaksudkan untuk perlindungan untuk melindungi potensi laut.

Perlindungan laut yang dilakukan orang-orang Buton itu, kata La Bakry, sejalan dengan pihak RARE dalam menjalankan program Pengolaan Akses Area Perikanan (PAAP) karena mempertimbangkan perlindungan laut yang melibatkan seluruh masyarakat.

“Apa yang dilakukan RARE sangat membantu pemerintah utamanya dalam membangun semangat masyarakat untuk mengawasi wilayah lautnya sendiri,” kata Bupati Buton.

Untuk itu pemerintah daerah mendorong setiap desa di Buton untuk berkontribusi positif dengan adanya Peraturan Bupati tentang pemanfaatan dana desa untuk kegiatan berbasis kelautan dan perikanan di wilayah Kabupaten Buton.

Bupati Buton juga menambahkan hal ini juga mendorong peran perempuan dalam pembangunan sesuai dengan Peraturan Bupati Buton Nomor 35/2020. Karena salah satu alasannya perempuan berperan besar dalam perekonomian keluarga.

Di akhir Pemaparan Bupati Buton mengatakan TPB tentang pelestarian dan pemanfaatan berkelanjutan bahwa ekosistem kelautan bisa tercapai apabila semua stakeholder bisa membangun komitmen bersama.

“Untuk itu peran dan kesadaran perlu tumbuh di kehidupan bermasyarakat sehingga apa yang kita bangun bersama bisa tercapai,” pungkas Bupati.

Turut hadir dalam talkshow ini Deputi Bidang Kemaritiman dan SDA Bappenas, Gubernur Sulawesi Utara, Gubernur Papua Barat, walikota/bupati pesisir, yang mewakili dari Kementrian Perikanan dan Kelautan. (Rls)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini