Ali Mazi Sabet Dua Penghargaan TOP BUMD Awards 2023

0
46
gubernur ali mazi
Gubernur Sultra, Ali Mazi menerima penghargaan TOP BUMD Award 2023 di Dian Ballrom, Hotel Raffles Jakarta, Rabu (5/4/2023). (FOTO: JGS/Frans Patadungan)

DILANSIR – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi menerima dua penghargaan sekaligus pada acara puncak TOP BUMD Awards 2023. Acara tahunan oleh Majalah Top Business itu diselenggarakan di Dian Ballrom, Hotel Raffles Jakarta, Rabu (5/4/2023).

Kegiatan tahunan ini juga bekerja sama dengan Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) serta beberapa lembaga, asosiasi dan konsultan bisnis dan didukung oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Penghargaan TOP BUMD Awards diberikan kepada BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) unggulan dari seluruh Indonesia. Penghargaan ini diberikan kepada BUMD yang telah sukses melewati proses penilaian dalam beberapa tahap. Acara ini akan dihadiri oleh sekitar 800 orang, itu antara lain petinggi BUMD pemenang penghargaan tersebut, para kepala daerah yang mendapatkan penghargaan, para pakar bisnis, dan lain-lain.

Gubernur Ali Mazi dianugerahi penghargaan “TOP Pembina BUMD 2023” dan sekaligus menerima penghargaan “TOP BUMD Awards 2023 Bank Pemerintah Daerah Bintang 4”. Hadir pula Direktur Bank Sultra, Abdul Latif, yang dianugerahi “TOP CEO BUMD 2023”.

Ali mazi dan abdul latif
Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi dan Direktur Utama Bank Sultra, Abdul Latif menerima penghargaan TOP BUMD Awards 2023 di Jakarta, Rabu (5/4/2023) (FOTO: JGS/Frans Patadungan)

Ketua Penyelenggara TOP BUMD Awards 2023 yang juga Pemimpin Redaksi Majalah Top Business, M. Lutfi Handayani menyatakan, TOP BUMD Awards merupakan kegiatan pembelajaran dan penghargaan kinerja BUMD yang terbesar dan paling membanggakan, yang diberikan kepada BUMD, CEO BUMD, Pembina BUMD (Kepala Daerah) terbaik di Indonesia.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan setiap BUMD, dapat terpacu untuk selalu berprestasi dan berperan penting dalam pembangunan daerah dan perekonomian nasional,” kata Ketua Penyelenggara TOP BUMD Awards 2023, M. Lutfi Handayani dalam keterangannya.

Kegiatan TOP BUMD Awards 2023 ini dilakukan untuk mendukung program dan kebijakan Kementerian Dalam Negeri RI, karena sejalan dengan arah dan kebijakan Pemerintah untuk mempercepat peningkatan kinerja BUMD dan pembangunan perekonomian di daerah.

Ketua Dewan Juri TOP BUMD Awards 2023, juga sebagai Presiden i-OTDA, Prof. Dr. Djohermansyah Djohan, MA., juga memberikan sambutan terkait berbagai proses penjurian penerima penghargaan. “Dewan Juri juga menetapkan TOP Pembina BUMD 2023 kepada kepala daerah. Kepada Gubernur, Bupati dan Wali Kota yang BUMD-nya mendapat penghargaan. Tentu ini tidak lepas dari peran serta support dan dukungan para kepala daerah,” ucapnya.

Dari hasil penjurian tersebut, terdapat poin-poin yang menurut para juga menjadi menarik untuk disampaikan kepada publik terkait penilaian BUMD 2023 ini.

“Selama proses penjurian ada beberapa temuan menarik yang perlu kami sampaikan di sini. Pertama, untuk BUMD sektor air minum tercatat sangat intens dalam melakukan inovasi untuk mendukung kinerja dan layanan kepada masyarakat. Terutama inovasi yang berbasis teknologi digital. Kamudian BUMD sektor keuangan makin intens dalam melakukan kegiatan-kegiatan pengalokasian pembiayaan untuk pembangunan masyarakat dan pembangunan daerahnya. Lalu BPR juga ditemukan oleh juri, telah mulai aktif juga melakukan kerjasama-kerjasama bisnis, kolaborasi bisnis dengan sesama BPR maupun dengan pihak ketiga. Kemudian untuk BUMD Pasar Daerah, juga ditemukan telah ikut menjaga stabilitas pengendalian harga inflasi. Kemudian BUMN sektor infrastruktur dan aneka usaha telah melakukan berbagai inovasi dan terobosan bisnis dengan pengembangan SDM dan teknologi informasi yang baik. Terakhir pada sektor layanan umum BULD Rumah Sakit Umum Daerah yang telah melakukan banyak inovasi berbasis teknologi digital dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Djohermansyah Djohan, Ketua Dewan Juri TOP BUMD Awards 2023.

Ada beberapa kategori penghargaan akan diberikan kepada para pemengang TOP BUMD Awards 2023. Pertama adalah TOP BUMD Awards Klasifikasi Level Bintang 1-5 dari berbagai sektor usaha antara lain BPD/ BPR/ BPR-BKK/ BPRS/ PDAM/ Jamkrida/ Pasar Daerah/ RSUD/ BLUD/ BUMD Aneka Usaha/ Dinas Pemda (Dinas Pemda yang membawahi atau mengelola Badan Usaha di daerah karena belum dibentuk BUMD yang menangani usaha terkait).

Selain itu ada Penghargaan Kategori Khusus, TOP of the TOP BUMD 2023, Golden Trophy (Peraih Bintang 5 selama 3 tahun berturut-turut), TOP CEO BUMD 2023, dan TOP Pembina BUMD 2023 (Gubernur, Wali Kota, Bupati).

“Penghargaan kategori TOP Pembina BUMD diberikan kepada Gubernur, Bupati atau Wali Kota yang BUMD-nya mendapat penghargaan, karena keberhasilan BUMD tidak lepas dari peran, kontribusi, dan dukungan kepala pemerintahannya,” tutur Ketua Penyelenggara TOP BUMD Awards 2023, M. Lutfi Handayani.

Menurut Ketua Penyelenggara TOP BUMD Awards 2023, M. Lutfi Handayani, ada beberapa kriteria penilaian kepada para finalis TOP BUMD Awards 2023 ini. Pertama adalah pencapaian kinerja bisnisnya, baik dan bekelanjutan (achievement). Selain itu, terus melakukan perbaikan (improvemen/inovasi), berkontribusi besar dalam pembangunan daerah, dan terakhir memiliki strategi/inovasi untuk mendukung bisnis di masa pandemi atau kenormalan baru.

Selaku Ketua Dewan Juri TOP BUMD Awards 2023 ini adalah Prof. Dr. Djohermansyah Djohan, MA yang juga Mantan Dirjen OTDA Kemendagri RI dan Presiden i-OTDA. Juri lainnya adalah Prof. Dr. R. Siti Zuhro, MA (Pendiri i-OTDA), Prof. Dr. Satya Arinanto, S.H., M.H. (Dewan Pakar i-OTDA), Prof. Ir. Ruslan Prijadi, MBA, Ph.D (Guru Besar Universitas Indonesia), Prof. Dr. HM. Wahyudin Zarkasyi., CPA (Guru Besar Unversitas Padjadjaran Bandung), Prof. Dr. Hj. Ernie Tisnawati Sule, S.E., MSi (Guru Besar Universitas Padjajaran),Ir. Agung Muyana S, MSc (Dewan Pakar i-OTDA/Mantan Dirjen PUM Kemendagri), Prof. Dr. Bramantyo Djohanputro (Direktur Eksekutif PPM Manajemen), Dr. J. Kristiadi (Pendiri i-OTDA, Dr Aldrin Herwany, SE, MM, Dr Sofi Suryasnia (CWMA), dan juri-juri lainnya.

Diketahui, ajang TOP BUMD Award selalu mendapat perhatian dari berbagai pemangku kepentingan BUMD di Indonesia. Pada penyelenggaraan TOP BUMD Awards 2018 lalu dihadiri oleh Zulkifli Hasan (Ketua MPR RI saat itu), Oesman Sapta (Ketua DPD RI), dan Tjahjo Kumolo (Menteri Dalam Negeri RI) serta Kepala-Kepala Pemerintahan Daerah maupun CEO dan manajemen BUMD, dengan jumlah yang hadir sekitar 700 audience. Pada TOP BUMD Awards 2020, Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin juga memberikan Keynote Speechnya dalam kegiatan TOP BUMD Awards yang juga dihadiri ratusan peserta.

Meskipun dunia bisnis masih didera pandemi Covid-19 pada 2020 hingga 2022, minat para pelaku BUMD mengikuti ajang TOP BUMD Awards cukup tinggi. Pada 2021, misalnya, tercatat, ada 182 BUMD dari total sekitar 1.149 BUMD di Indonesia yang mengikuti kegiatan tersebut, meningkat 12 persen, dibanding tahun 2020 yang sebanyak 163 BUMD. Pada penyelenggaraan TOP BUMD 2022, jumlah peserta yang mengikuti penilaian kembali meningkat menjadi 200 perusahaan/BUMD. (sgj10)

*Foto: JGS/Frans Patadungan © 2023

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini